Monday, February 16, 2009

PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN ATRIBUT HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEPON SELULAR NOKIA

ABSTRAK
PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN ATRIBUT HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEPON SELULAR NOKIA
(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Non Reguler Universitas Lampung Yang Menggunakan Telepon Selular Nokia)

Saat ini telepon dengan jaringan kabel (khususnya) sudah mulai ditinggalkan dan sekarang ini muncul teknologi komunikasi baru yaitu telepon selular. Dengan adanya telepon selular lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berkomunikasi karena selain lebih canggih juga dapat di bawa kemana-mana, berbeda dengan telepon kabel.
Konsumen telepon selular yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Strata 1 Fakultas Ekonomi Manajemen Non Reguler Universitas Lampung. Pemilihan mahasiswa sebagai obyek penelitian adalah karena mahasiswa merupakan bagian komunitas yang berpikiran terbuka terhadap segala informasi serta memiliki keingintahuan terhadap segala hal yang ada di sekitarnya, tidak terkecuali terhadap produk telepon selular.
Perumusan masalah dalam tulisan ini adalah Apakah atribut produk dan atribut harga bepengaruh terhadap keputusan pembelian telepon selular Nokia?
Tujuan dalam penulisan ini adalah menganalisis pengaruh atribut produk dan atribut harga terhadap keputusan pembelian telepon selular Nokia serta menganalisis atribut produk yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian telepon selular Nokia.
Hipotesis dalam penulisan ini adalah: ”Ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga (X1), mutu (X2), merek (X3), kemasan (X4), dan label (X5) terhadap keputusan pembelian (Y)” dan “Diantara atribut produk, variabel mutu (X2) memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y) dibandingkan dengan ke empat variabel yang lainnya”.
Berdasarkan analisis Chi-Square, semua variabel bebas yang terdiri dari atribut harga, atribut mutu, atribut merek, atribut kemasan dan atribut label mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pengambilan keputusan pembelian produk telepon selular Nokia dengan level of significant <>
Variabel mutu (X2) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan bila dibandingkan dengan variabel harga (X1), merek (X3), kemasan (X4), dan label (X5). Hal ini didasarkan pada nilai chi-square variabel mutu sebesar 65,652 dengan tingkat signifikan 0,000 <>
File selengkapnya

No comments: