Monday, February 16, 2009

ABSTRAK
HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEKRETARIS DAERAH PROVINSI LAMPUNG DENGAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA SEKRETARIAT DAERAH
PROVINSI LAMPUNG

Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang penting pada Sekretariat Daerah Provinsi Lampung yang sangat memerlukan banyak perhatian, kemampuan dan profesionalitas sumber daya manusia merupakan faktor penunjang untuk dapat bekerja dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.
Tingkat absensi yang tinggi (rata – rata 1,66%) merupakan salah satu masalah yang dihadapai oleh Sekretariat Daerah Provinsi Lampung, dan agar karyawan mengikuti berbagai standar dan aturan yang telah ditetapkan serta kegiatan – kegiatan penunjang lainnya agar dapat berhasil secara efektif dan efisien.
Permasalahan yang diteliti adalah apakah gaya kepemimpinan Sekretaris Daerah yang dilakukan selama ini mempunyai hubungan terhadap disiplin kerja Pegawai Negri Sipil.
Tujuan dan manfaat penulisan adalah untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dengan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Sekretariat Daerah Propvinsi Lampung.
Hipotesis yang dirumuskan yaitu gaya kepemimpinan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung mempunyai hubungan yang erat terhadap disiplin kerja Pegawai Negri Sipil pada Sekretariat Daerah Propvinsi Lampung.
Hasil alat analisis kualitatif dari angket yang diberikan dengan menggunakan pendekatan teori manajemen sumber daya manusia dan analisis kuantitatif dengan mengguanakan korelasi product moment menunjukan nilai r hitung sebesar 0,78864 sedangkan ketetapan r tabel untuk n = 86 dengan tingkat kepercayaan 95% adalah terletak pada n = 85 sampai dengan n = 90 pada tingkat kepercayaan 95% dan alpha 0,05 diperoleh nilai sebesar = 0,213. dan nilai sebesar = 0,207.Ini berarti nilai rxy-hitung > rxy-tabel maka menerima (H0) dan menolak (Ha) .
Hendaknya Sekertariat Daerah Propinsi Lampung sering untuk memberikan teguran yang keras kepada para Pegawai Negri Sipil yang tidak masuk dengan alasan yang tidak jelas atau tanpa izin.
File selengkapnya

No comments: