Sunday, February 15, 2009

Analisis Bauran Pemasaran Sepeda Motor Vega R Disk Brake

Abstrak
Analisis Bauran Pemasaran Sepeda Motor Vega R Disk Brake Pada
PT Arista Pagar Alam Di Bandarlampung
Kegiatan pemasaran perusahaan bertujuan untuk menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli, dimana titik tolak disiplin pemasaran terletak pada kebutuhan dan keinginan manusia. Kebutuhan dan keinginan itu menciptakan suatu keaadaan yang tidak menyenangkan dalam diri seseorang, yang dipecahkan melalui pemilikan produk untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut, karena beberapa produk dapat memuaskan kebutuhan tertentu, maka pemilikan atas produk dituntut oleh konsep nilai dan kepuasan yang diharapkan.

PT Arista Pagar Alam adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi sepeda motor yang memasarkan sepeda motor Yamaha. Selain sebagai agen perusahaan ini juga berfungsi sebagai ruang pamer (show room) melayani perbaikan (service) dan pelayanan suku cadang kendaraan sepeda motor bermerek Yamaha. Hal ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh PT Arista Pagar Alam dalam memberikan kepuasaan bagi konsumennya

Masalah yang dihadapi perusahaan adalah tidak pernah tercapainya target penjualan dengan rata-rata pencapain target penjualan motor Yamaha Vega R Disk Brake selama 3 tahun sebesar 63,46% (Tabel 7), sedangkan harga jual produk perusahaan terus mengalami peningkatan dan berada di atas harga pesaing (Tabel 4) selain itu, biaya promosi mempunyai kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun (Tabel 5) dan biaya saluaran distribusi juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun (Tabel 6).

Permasalahan yang dirumuskan adalah : Apakah ada pengaruh harga jual produk perusahaan, rata-rata harga jual pesaing, biaya promosi dan biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan?

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kebijaksanaan bauran pemasaran PT Arista Pagar Alam, dan untuk mengetahui pengaruh besarnya harga jual produk perusahaan, rata-rata harga jual pesaing, biaya promosi dan biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan Yamaha Vega R Disk Brake.

Hipotesis dalam penulisan ini adalah kebijaksanaan bauran pada PT Arista Pagar Alam dipengaruhi secara negatif oleh harga jual produk perusahaan, dan dipengaruhi secara positif oleh biaya promosi, harga jual produk pesaing dan biaya saluran distribusi

Nilai R Square menunjukkan nilai sebesar 0,998 atau 99,8%. Artinya bahwa variabel volume penjualan sepeda motor Vega R Disk Brake (Y) dipengaruhi sebesar 99,8% oleh harga jual perusahaan (X1), harga jual rata-rata pesaing (X2), biaya promosi (X3) dan biaya saluran distribusi (X4) sedangkan sisanya 0,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti

Nilai F-hitung menunjukkan nilai sebesar 799,038 (signifikansi F= 0,000). Jadi F-hitung > F-tabel (799,038 > 4,12) atau Sig F <>
Manajemen PT Arista Pagar Alam Bandarlampung hendaknya tidak hanya melihat dari biaya-biaya yang dikeluarkan dalam pengukuran penetapan kebijakan bauran pemasaran tetapi perusahaan diharapkan melihat dari segi pemakaian media promosi dalam mempromosikan produk serta penyaluran dan tempat produk tersebut dipasarkan.
File Selengkapnya

http://www.4shared.com/file/87727231/e2044b14/Lampiran_1_dan_2.html
http://www.4shared.com/file/87727243/434bbcff/DAFTAR_PUSTAKA.html
http://www.4shared.com/file/87727246/33214870/Bab_IV_Jadi.html
http://www.4shared.com/file/87727251/b45eec92/Bab_V.html
http://www.4shared.com/file/87727260/e8748fc7/Bab_1.html
http://www.4shared.com/file/87727267/76101a64/Bab_3.html
http://www.4shared.com/file/87727270/f16fbe86/Bab_2.html

No comments: